Cerita

Kata si pecinta olahraga

Laman ini mungkin memang terlihat ditujukan untuk kaum hawa, dengan segala cerita tentang olahraga dan hijabnya. Tapi tunggu dulu, kita hidup di dunia ini atas dasar jenis yang bermacam dan saling beda kan? Termasuk bagaimana kita berlaku, pasti akan ada selingan komentar ini itu dibaliknya. Termasuk dari kita yang suka olahraga dan senantiasa bersedia menutup aurat.

Kami bertemu salah satu sahabat. Namanya R. Hendriyanto Dwi Prabowo. Bukan, bukan keturunan dari mantan calon presiden itu, tapi mungkin memang ada darah biru yang mengalir jika sekilas melihat namanya. Sejak dulu laki-laki ini mengaku sudah suka dengan olahraga. Terhitung mulai lari-larian jaman TK, dia sudah mulai menggauli lapangan bola. Selain sepakbola dan futsal, Ryan, begitu sapaan sehari-harinya, juga gape main basket. Nggak salah lagi emang doi pantes jadi ketua UKM KOMPOR (Komunitas Pecinta Olahraga) Jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED sekitar 2 tahun lalu selama satu periode. Meski dia selalu merendah mengaku tidak punya prestasi apa-apa di bidang olahraga apapun.

 

 

Karena berada dalam lingkaran forum yang isinya orang-orang pecinta olahraga, so pasti Ryan mengenal baik banyak atlet-atlet di kampusnya. Terlebih di jurusan yang ia duduki mayoritas adalah perempuan. Menurutnya, perempuan yang suka olahraga itu luar biasa.

 

 

…pasti sehat. Suka berkeringat, yakan… berkeringat bareng  juga bisa. Jogging bareng maksudnya…” tambahnya.

 

 

Sebagai seorang muslim, kita semua tau bahwa Allah punya perintah untuk menutup aurat baik itu laki-laki maupun perempuan. Lumrahnya, dalam kondisi apapun perintah ini harus tetap diindahkan. Termasuk dalam hal berolahraga. Nah, ketika ditanyai pendapatnya tentang pandangan Ryan mengenai atlet cewek berhijab, berikut jawabannya,

 

Biasanya cewek suka olahraga badannya bagus tuh. Jadi dengan berjilbab kemohaian tubuhnya nanti hanya untuk suaminya

 

Meski ia mengatakan bahwa pandangan orang pasti beda-beda.

 

Ada yang anggap positif ada juga yang anggap negatif. Menurutnya, olahraga pakai jilbab sih ngga akan ganggu. Bahkan pemain futsal cewek nasional juga ada yang pake jilbab. Besar harapan, semoga berhijab bukan jadi halangan menjadi atlet.

 

Harapan yang membuncah untuk kita semua, memang. Bahwa menutup aurat bukan berarti menutup bakat. Semoga makin banyak lagi teman-teman yang tersadar untuk istiqomah dan menjaga semangat berprestasi, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *