Tips

Apa kabar rambutmu yang tertutup itu?

Girls, seringkali kita yang berhijab dan gemar olahraga, masalah rambut menjadi prioritas perhatian utama. Bagaimana tidak? Bagian tubuh yang tertutup ini merupakan aset perempuan yang kalau bermasalah sedikit entah itu gatal sedikit, rontok atau berketombe sudah pasti cemasnya minta ampun. Tidak jarang dari kita karena merasa selalu tertutup, jadi beranggapan rambut tidak perlu perhatian lebih karena tidak pernah terpapar sinar matahari atau debu di sekitar kita. Eits, tapi siapa sangka… karena saking sering tertutupnya itu, mahkota wanita kita ini malah jadi kesulitan bernafas lantas bisa berimbas pada masalah kulit kepala. Padahal di Al Qur’an sudah dianjurkan lho untuk kita selalu bisa menjaga kebersihan seluruh anggota tubuh. Apalagi muslimah. Harus cantik luar dalam kan 😉

Nah, sahabat cangkang yang cantik rupa dan lakunya, agar terhindar dari gangguan kulit kepala dan rambut bermasalah kita belajar bersama yuk. Bagaimana sih cara menjaga kulit kepala yang sering tertutup dan berkeringat ini?

 

Pertama, kamu harus sering-sering keramas. Bukan harus tiap hari banget, bukan… minimal seminggu tiga kali, atau paling tidak dua hari sekali. Rutin membersihkan rambut dengan keramas inshaa Allah bisa menjaga stabilitas kebersihan rambut dan kulit kepala kamu. Dengan ini nggak ada deh itu drama garuk-garuk kepala karena rambut lepek jarang keramas. Lebih baik pula kamu tambahkan dengan vitamin rambut, tonik, masker rambut, dan lain sebagainya.

 

Kedua, pastikan rambut kamu dalam keadaan benar-benar kering ketika akan mengenakan hijab kembali. Karena apabila mengenakan hijab dalam kondisi rambut yang basah, akan mudah memicu munculnya ketombe. Duh, nggak mau kan pasti? Dan kalau bisa, mengeringkan rambutnya pakai angin alami aja, ya. Minimalkan penggunaan hair dryer karena alat ini juga dapat memicu terjadinya kerusakan rambut bila dipakai berlebihan.

 

Ketiga, gunakan hijab yang menurut kamu nyaman dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Terlebih kalau kamu mau langsung beraktivitas fisik. Hal ini juga demi menjaga suhu di balik hijab yang membuat rambut dan kulit kepalamu tetap terasa segar dan nyaman.

 

Keempat, ketika sedang tidak berada di luar rumah, minimalkan penggunaan kuncir maupun jepit rambut. Biarkan rambutmu tergerai agar ia mendapat kesempatan untuk bernafas setelah seharian penuh tertutup hijab. Untuk kamu yang suka memelihara rambut panjang, sebaiknya lakukan tips ini sesering mungkin. Bagi sebagian orang lain yang mungkin lebih memilih untuk memangkas rambutnya agar lebih ringkas dan tidak terlalu bergantung pada kuncir atau jepit rambut, tetap perlu memperhatikan saat kapan rambutmu harus beristirahat agar ia sehat.

 

Sederhana, bukan?

 

Karena Allah menyukai kebersihan karena itu adalah sebagian dari iman, jadi beberapa hal di atas bisa kamu terapkan mulai sekarang, ya, girls! Jangan lupa tularkan sedikit ilmu ini ke teman-teman kamu. Dengan belajar kau tambah ilmu, dengan berbagi kau tambah pahala juga. Jazakallah 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *