Tips

Alternatif lapangan basket di Purwokerto

Berhubung mimin dan kawan-kawan ini lama bermukim di Purwokerto raya dan sudah menjajal segala medan yang ada (jadi purwokerto apa medan nih?), jadi nggak ada salahnya kami punya niat membantu sahabat cangkang untuk mencari alternatif lapangan basket yang ada di kota satria ini. Karena kadang kalau kita pengen latihan tim atau sekedar pengen ketemu ring basket gitu bareng temen-temen di Purwokerto itu suka nggak nentu, men. Entah itu karena pengen ke lapangan tapi pas bukan jadwalnya latihan lah, atau tiba-tiba hujan lah, atau lapangannya udah keduluan dipakai sama orang lain, dan alasan klasik lainnya. Bener, nggak?

Jadi untuk membantu menghapuskan kegalauan kalian hanya karena kendala tempat a.k.a lapangan basket, mari kita sama-sama menelaah. Sebenernya, lapangan mana aja sih yang bisa kita pakai buat latihan basket di Purwokerto?

  1. Lapangan Soemarjito

Pasti udah kenal banget dong ya sama lapangan satu ini. Lapangan paling legend di Unsoed. Terletak tepat di belakang Graha Widyatama dan/atau di sebelah barat Gedung Soemarjito. Lapangan oudoor ini menjadi lapangan resmi yang dipakai untuk latihan seluruh tim basket Unsoed baik itu tim universitas maupun per fakultas. Selain itu untuk alumni dan orang-orang umum juga banyak yang memanfaatkan fasilitas olahraga ini. Sistem pakai lapangan Soemarjito terjadwal, yang dimana diatur oleh UKM UBB (Unit Bola Basket Unsoed). Jadi, kalau kamu mau pakai ni lapangan rame-rame tapi nggak ngabarin pengelolanya, jangan kecewa kalau tiba-tiba kamu digusur karena mau dipakai buat latihan rutin, ya!

klik Lokasi Lapangan Soemarjito

2. Sasana Krida GOR Satria

Yah, apalagi lapangan indoor satu ini. Sasana Krida merupakan gedung utama yang ada di kawasan GOR Satria. Letaknya ada di tengah-tengah kompleks GOR. Kamu cuma perlu jalan lurus aja dari gerbang masuk. Dari jaman mimin SMP dulu, Sasana Krida udah jadi langganan tempat latihan sampai turnamen besar sampai tingkat Provinsi. Baru menjelang tahun 2013 saat Purwokerto jadi tuan rumah Porprov, dibangunlah indoor basket baru yang terletak tidak jauh di sebelah utara Sasana Krida. Tapi sampai saat ini Sasana Krida masih menjadi primadona alternatif lapangan indoor basket yang diminati teman-teman di Purwokerto.

klik Lokasi Sasana Krida GOR Satria

3. Lapangan basket FEB Unsoed

Salah satu alternatif lapangan outdoor lain di Unsoed yaitu lapangan FEB. Letaknya yang ada di dalam kompleks kampus pusat menjadi pilihan yang tepat untuk teman-teman Fakultas Ekonomi tepatnya untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. Tapi ternyata tidak hanya digunakan untuk si empunya saja loh. Teman-teman dari fakultas lain pun boleh ikut serta memakai lapangan ini jika memang diperlukan. Tapi jangan lupa… tetap ijin dulu sama yang mengelola, ya!

klik Lokasi Lapangan basket FEB

4. Lapangan basket Smansa

Daritadi pilihannya di kawasan kampus mulu, ya? Hehehe. Sekarang ada nih alternatif lapangan outdoor yang enak buat latihan. Yap, Smansa. Lapangan SMA N 1 Purwokerto ini bahkan cukup untuk dua pertandingan sekali jalan, loh, saking luasnya! Meskipun letaknya tepat di dalam sekolah, tidak dipungkiri lapangan ini sering juga dipakai oleh alumni, umum, bahkan beberapa tim dari kampus di sekitaran Purwokerto untuk sparing atau sekedar berlatih bersama. Seru, kan?

klik Lokasi Lapangan basket Smansa

5. Lapangan basket Smala

Tidak berbeda jauh dengan lapangan Smansa, lapangan SMA N 5 Purwokerto ini juga jadi alternatif latihan basket loh. Letaknya yang di dalam pojok sekolah dan parkir yang luas, menjadikan lapangan ini juga sering dipakai untuk latihan. Terlebih di sebrang Smala ada warung jus terkenal. Tambah lebih bisa jadi alasan semangat latihan, deh.

klik Lokasi Lapangan basket Smala

6. Lapangan Mangunan

Lapangan satu ini beda dari yang lain. Bukan di dalam sekolah, apalagi di dalam kampus. Tapi di dalam kompleks perkampungan. Untuk menuju ke lapangan ini kamu bisa masuk ke gang sebrang GOR yang menuju ke arah RM SS (Super Sambal), nah ikutin aja tuh jalannya lurus terus sampai capek… eh, sampai ketemu lapangan bola. Nah, disitu langsung kelihatan tuh di sebelah lapangan bola ada seoonggok lapangan basket outdoor. Disini kamu bisa mainan sendiri atau mengajak tim kamu rame-rame. Kalau dulu mimin kasih uang terima kasih ke bapak-bapak pengelola lapangan yang kadang stand by di warung depan lapangan mangunan, setiap selesai latihan. Itung-itung amal dan sekalian membantu untuk perawatan lapangan 🙂

klik Lokasi Lapangan Mangunan

7. Lapangan belakang RRI

Dimana? Ya jelas di belakang kantor RRI (Radio Republik Indonesia). Kamu tinggal masuk gang sebelah gedung RRI, lurus sedikit langsung keliatan lah itu menjulang ring basket disitu. Tapi… ini lapangan lebih sering tertutupnya daripada bukanya. Mimin sih baru sekali dua kali main disitu. Tetep deh, kalau mau nyobain lapangannya, jangan lupa lirik kanan kiri mencoba sopan untuk setidaknya ‘kulonuwun’ mau pakai fasilitas olahraga yang ada disitu 🙂

klik Lokasi Lapangan belakang RRI

8. Lapangan basket FIKes Unsoed

Lapangan ini tergolong baru. Baru banget, malah. Terletak di depan kampus keperawatan Unsoed, lapangan yang di setting outdoor ini diperuntukkan untuk latihan rutin tim basket FIKes Unsoed. Eits, tapi jangan salah.. seperti halnya lapangan outdoor di fakultas lain, Lapangan basket FIKes juga boleh kok dipakai selain oleh teman-teman FIKes. Asalkan jangan lupa koordinasi dulu ya 😉

klik Lokasi Lapangan basket Fikes Unsoed

9. Orion

ini dia tempat latihan favorit di kala hujan melanda selain di GOR Satria. Orion. Tempatnya memang agak jauh dari pusat keramaian. Tapi herannya Orion selalu tidak pernah sepi. Orion ini di setting sebagai lapangan sewaan untuk futsal, basket, dan badminton. Lapangannya enak banget. Buka tiap hari mulai pukul 9 pagi. Harga sewanya? Terjangkau kok.. layaknya kamu kalau futsal bareng temen-temen gitu. Dijamin hati senang, badan sehat, dan nggak bikin tekor.

klik Lokasi Orion

10. GOR CBM

Nah ini alternatif yang ditawarkan sama salah satu sekolah swasta di Purwokerto. Bedanya dengan alternatif lapangan di sekolah lain, yang di CBM ini indoor. Jadi kamu nggak perlu takut kepanasan apalagi kehujanan. Walaupun lokasi juga sama jauhnya kayak ke Orion, dan agak masuk-masuk gang, tetep dijamin kamu bakalan puas kalau latihan disini. Lapangannya luas dan bersih, sih!

klik Lokasi GOR CBM

Nah itu dia 10 lapangan alternatif yang bisa jadi pertimbangan teman-teman untuk lokasi latihan basket di Purwokerto. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *