news

10 Atlet Indonesia Berprestasi yang Memakai Hijab

Pernah ngga sih terbesit kalau berhjab itu membatasi kita untuk berekspresi? Dulu, saya pernah berfikir kalau kita mau olahraga itu pasti ribet banget kalau harus pake hijab. Selain itu, kekhawatiran saya muncul ketika dihadapkan dengan atlet lain. Beberapa kali mikir ‘pasti yang lebih punya peluang lolos yang ngga pake hijab, nih!” karena menghindari resiko pemainnya dicoret dari daftar pemain hanya karena mengenakan hijab. Beberapa kompetisi internasional memang ada yang memberlakukan larangan atlet menggunakan hijab, seperti yang pernah dibahas di sini  tapi sekarang kompetisi internasional sudah membuka pintu lebar bagi atlet berhijab, kok, jadi jangan khawatir!

Nah, ini dia beberapa atlet hijab Indonesia yang bisa jadi inspirasi kita semua bahwa hijab tidak menghambat seseorang untuk berprestasi!

1. Raisa Aribatul

Pemain Basket Indonesia Pemilik nama lengkap Raisa Aribatul Hamidah merupakan wanita berhijab yang bermain di women NBL. Dia merupakan atlet yang cukup berprestasi meski sempat dicoret namanya dari skuad timnas karena berhijab pada SEA Games 2015 di Singapura. Pasalnya, Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) saat itu melarang penggunaan hijab dalam pertandingan bola basket internasional. Namun pada 2017, aturan tersebut sudah dicabut.

2. Lia Karina Mansur

Perempuan yang satu ini adalah atlet taekwondo, dia pemegang sabuk hitam sekaligus peraih medali perak pada SEA Games 2011 di Palembang. Dia pernah mengalami patah kaki dan harus berjalan dengan bantuan penyangga. Selain terjun sebagai atlet, perempuan cantik itu juga merupakan finalis Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2015. Nah, masih mikir kalau berhijab membatasi kita untuk berekspresi?

3. Revin Chairani

Masih asing dengan nama ini? Revin adalah atlet skateboard Indonesia yang cukup berprestasi. Bebarapa pertandingan lokalpernah dia lewati. Dia juga pernah memenangkan juara dua kategori wanita di Lucky Line Skate Park Bandung pada tahun 2016, juara ketiga di Yamaha Girl Division Competition 2017.

4. Adinda Larasati Wanita

Perempuan yang satu ini merupakan atlet renang Indonesia. Pernah menjadi salah satu penyumbang medali emas terbanyak untuk kontingen Indonesia di ASEAN School Games (ASG) 2017 Singapura. Pada cabang renang pun Adinda membuktikan bahwa hijab tidak menghalangi langkah dia untuk berprestasi.

5. Asih Titi Pangestuti

Pemain nasional voli untuk SEA Games 2017 mantap memakai hijabnya setelah bergabung di Pelatnas.

6. Sri Ranti

Kalau yang satu ini sudah tidak asing lagi! Atlet pemanah ini menyabet medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2017, Malaysia. Dia mempersembahkan emas dari nomor individual compound wanita setelah menaklukan pemanah asal Vietnam, Chau Kieu Oanh dengan skor 144-142. Sri Ranti mengaku siap untuk kembali berprestas di ajang ASEAN Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang.

7. Diananda Choirunnisa

Atlet panahan yang satu ini telah berhasil memperoleh emas mewakili cabang olahraga panahan Indonesia di Sea Games 2017, Malaysia. Diana berhasil menaklukkan lawannya dari Filiphina, Nicole Marie Tagle pada partai final dengan skor hasil 6-4.

8. Wilda Siti Nurfadilah

Perempuan berhijab yang akrab disapa Kiwil ini adalah kapten Timnas Voli Indonesia, dia juga quicker andalan timnas Voli putri Indonesia dan Klub Jakarta Elektrik PLN yang berhasil menjuarai Proliga 2 tahun berturut-turut pada tahun 2015 dan 2016.

9. Agung Etty Hendrawati

Siapa bilang perempuan ngga jago manjat? Nah ada nih salah satu perempuan kebanggaan Atlet Panjat Tebing Indonesia yang mendapatkan Kartini Award 2011 lalu dan sekarang aktif sebagai pelatih panjat tebing.

10. Maya Muharina Fajriah

Atlet futsal Timnas Indonesia yang juga membela Netic Ladies ini tidak diragukan lagi kemampuannya bermain futsal. Beberapa kali menjadi pemain andalan di Timnas Futsal Indonesia dan menjadi pemain termuda saat itu. Maya sudah sejak SD menjadi atlet dan banyak sekali prestasi di bidang olahraga, lho!

Itu tadi beberapa atlet hijab Indonesia yang bisa jadi panutan kita semua, sebagai bukti nyata kita kalau berhijab tidak menghalangi kita untuk berprestasi.

(Sumber: dikelola dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *