Tips

Nutrisimu sudah tercukupi?

Di dunia olahraga ada satu hal penting yang menjadi topik wajib untuk dibicarakan. Apalagi kalau bukan asupan nutrisi. Dibalik tubuh yang prima, tentu saja ada pola makan dan asupan nutrisi yang terpenuhi dengan baik. Para atlet mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Dan untuk kali ini kita ambil contoh bagaimana sebaiknya pemain sepak bola mengatur pola asupan makanan.

Pemain sepak bola rata-rata melakukan latihan dua kali dalam satu hari, yaitu latihan pagi dan latihan sore. Secara kalau kita olahraga sekali aja udah capek, ini pasti capeknya lebih dong. Jadi jelaslah seorang pemain tidak bisa berlatih dengan perut kosong, tapi juga hal yang sama berlaku untuk perut yang kekenyangan. Banyak ahli gizi yang menyarankan roti sebagai makanan ringan sebelum latihan. Kamu bisa mengkombinasikan roti dengan cokelat atau topping lainnya. Sumber karbohidrat ini yang akan terurai menjadi glukosa, dimana akan menjadi bahan bakar otot untuk bekerja. Itulah kenapa kalau kamu kekurangan glukosa dalam darah, kamu bakal cepat merasa lemas, sob.

Kemudian untuk minuman, rekomendasinya adalah jus buah segar. Namun, direkomendasikan hanya segelas kecil dan tanpa tambahan gula karena buah sudah mengandung gula murni. Sedangkan untuk pemulihan, atlet akan senantiasa membutuhkan asupan protein. Dimana hal ini dapat kita jumpai pada makanan khas dan favorit semua orang Indonesia; tempe dan tahu! Sumber protein inilah yang akan membantu memperbaiki otot setelah tubuh bekerja ekstra keras selama latihan. Kamu juga bisa menggantinya dengan daging ayam atau sumber protein lainnya. Sebelum latihan sore, pemain juga memiliki beberapa waktu yang ideal bagi mereka untuk memberikan asupan nutrisi ke dalam tubuh. Namun tidak seperti sarapan atau makan siang, porsi pada makan sore atau snack ini lebih sedikit.

Makanan dengan gizi  seimbang  bagi atlet adalah  makanan  yang  mengandung  jumlah  kalori  dengan  proporsi 60 – 70%  karbohidrat, 10 – 15 %  protein, 20 – 25 % lemak, serta cukup vitamin, mineral dan air.

Buah juga menjadi nutrisi yang sangat penting bagi pesepakbola. Buah pisang, kiwi, jeruk, anggur, apel, papaya adalah buah-buah terbaik bagi para pesepakbola. Untuk tetap terhidrasi, sangat penting untuk minum dalam porsi kecil air namun sering. Ini jelas penting juga karena selama pertandingan atau latihan tubuh akan kehilangan banyak air.

Mengubah Kebiasaan

Luis Milla, pelatih tim nasional Indonesia berpesan, jika ingin menjadi pemain besar, seorang pesepakbola harus disiplin soal pola makan. Sebab menurutnya perbedaan antara seorang pemain besar dan pemain kecil adalah soal kedisiplinan. Menurut pelatih asal Spanyol itu, cara tersebut merupakan salah satu metode untuk mengajarkan mana makanan yang benar dan sehat–untuk dalam hal ini pesepakbola–, agar mereka bisa melakukan hal serupa ketika di luar timnas. Di sepakbola, saat bertanding atlet kerap melakukan pergerakan seperti berlari, berjalan, melompat, menendang sembari berkonsentrasi selama paling sedikit 90 menit. Karena itulah mereka perlu menyiapkan diri dengan makanan yang menunjang daya tahan/ endurance tubuh.

Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman ini dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan, budaya, dan sosio-ekonomi. Namun, tantangan di Indonesia bukan hanya soal kebiasaan makan sembarangan, tapi juga soal merokok dan minum minuman beralkohol.

Ada cerita unik soal hal ini. Pelatih tim PSM Makassar, Robert Rene Albert memberlakukan aturan kepada pemainnya untuk cepat-cepat berhenti merokok begitu dinyatakan diterima masuk ke dalam tim kesebelasan. Lebih ekstrim lagi apa yang dilakukan pelatih Milomir Seslija asal Bosnia & Herzegovina saat menangani Arema Malang dan Persiba Balikpapan, dia menerapkan denda bagi pemainnya yang ketahuan makan nasi goreng, besaran dendanya tidak main-main, kisarannya dari 1 – 5 juta rupiah. Indonesia sendiri memang memiliki makanan-makanan yang fantastis, tidak diragukan lagi, banyak juga pemain asing yang kepincut dengan makanan Indonesia ketika bermain di Indonesia. Itulah mengapa pemain kita harus punya kedisiplinan yang luar biasa dalam hal menjaga apa-apa saja yang masuk ke mulut untuk kemudian dicerna 🙂

Gizi sudah menjadi pokok utama dalam sepakbola modern. Ternyata apapun menu makanannya, ikut-ikut pemain sepakbola profesional sekalipun, kesimpulan kita tetap sama seperti pembahasan terakhir, yaitu strategi mengubah kebiasaan makan sembarangan, jajan sembarangan, merokok, serta minum minuman beralkohol. Tidak ada salahnya dirubah segala kebiasaan kita, kalo itu dirubah dengan yang lebih baik dan untuk menjadi lebih baik.

 

Oleh: Ghazian Al Wafi,

(Sumber: dikelola dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *