news

Menulis novel, cara memotivasi pebasket berhijab lewat karya.

Senang sekali kali ini kami bisa berkesempatan untuk ngobrol dan diskusi kecil bersama Kak Mustika Desi Harjani atau yang lebih akrab disapa Tika Kid. Siapa dia?

Baru-baru ini Kak Tika berhasil menerbitkan novel berjudul “Basket di Hatiku, Jilbab di Kepalaku”. Ibu muda dari Malang ini selain memang hobi menulis, ternyata dia juga memang pecinta olahraga bola basket. Terhitung sejak SMA sampai sekarang dia bekerja sebagai akuntan, basket sudah seperti nafasnya. Makanya hasil karya dia bisa banget dari penggabungan dua hobinya itu. Kalau boleh cerita sedikit, perempuan berkaca mata ini juga dulunya belum memakai hijab kalau bermain di lapangan. Meski kemudian berhenti bermain basket karena alasan kesehatan. Tapi tetep dong kecintaannya terhadap basket tidak akan pernah luruh, once a player is always a player.

Berawal dari mendengar kasus yang menimpa Raisa Hamidah (baca tulisan tentang Raisa di sini), Kak Tika terinspirasi untuk menulis cerita fiksi dengan masalah yang sama. Lucunya, awal mula terpikir dia ingin membuat cerpen. Tapi malah nggak jadi. Padahal kan cerpen cuma beberapa halaman. Karena gagal bikin cerpen dengan tema itu, akhirnya ia fokus ke cerpen-cerpen lain dan riset untuk novel tentang Aremania. Tetep ya sob, nggak jauh-jauh dari bahasan soal olahraga… tapi lagi-lagi karena ada beberapa hal, akhirnya nggak dilanjutkanlah novel Aremania itu. Kembali terngiang niatan menulis tentang basket dan jilbab, jadilah riset tentang tema itu dilakukan. Alhamdulillah selesai juga! dan sekarang karya Kak Tika Kid ini bisa kita temui di toko-toko buku kesayangan!

Motivasi terbesar kenapa Kak Tika berkeinginan besar menulis novel ini adalah ingin mengangkat isu muslimah dengan cara yang tidak terkesan menggurui. Menurutnya, berhijab didampingi kegiatan yang menantang memang nyatanya tidak mudah, kalau sudah memutuskan berhijab memang sebaiknya perlu mencari komunitas yang menguatkan. Begitu kira-kira saran dari Kak Tika untuk teman-teman yang masih ada percikan kecil di hatinya agar terus istiqomah dalam menjalankan kewajiban ini.

Senangnya nulis fiksi adalah pembaca bisa mengambil hikmah masing-masing, dengan caranya sendiri. Selain itu memang niat hati ingin memberi motivasi kepada para pecinta bola basket yang berhijab untuk tetap semangat. Merasa hanya bisa memberi andil lewat karya, jadi berkaryalah Kak Tika ini. Sungguh niat yang mulia, ya. Semoga maksud dan tujuan novel dengan proses enam bulan penggarapan sampai tamat versi pertamanya bisa benar-benar sampai ke pembaca dengan baik, ya!

Kalau liat dari testimoni para pembaca novel ini dan kebetulan dia pebasket yang berhijab juga, katanya sih “Wah ini gue banget, kak!” Jadi, penasaran kan pengen baca juga?

Harapan untuk pembaca novel ini dan muslimah-muslimah pecinta basket di Indonesia raya merdeka, teruslah belajar dan membaca buku, karena setiap buku mengandung hikmah dan kita tidak tau hikmah mana yang akan memunculkan perubahan. Tapi jangan baca buku bajakan, ya! Dukung penulis untuk terus berkarya dengan membaca buku aslinya 😉

Ketika ditanya apakah ada niatan untuk menulis novel lagi, Kak Tika mengaku masih sedang melakukan riset untuk kelanjutan cerita tokoh Alika di novel pertama ini. “Sambil nulis naskah untuk buku anak juga, temanya masih tidak jauh-jauh dari olahraga” Kata Kak Tika.

Novel “Basket di hatiku, Jilbab di kepalaku” ini bisa kamu dapatkan di toko buku gramedia (untuk toko buku offline-nya) maupun online. Seperti halnya penulis-penulis yang habis babat launching bukunya, bedah buku pun di gelar di berbagai tempat oleh Kak Tika loh tapi untuk kali ini masih di sekitaran Malang aja. Kalau kamu tertarik mau mengundang Kak Tika ke kotamu? Boleh banget!

Selain menulis novel, Kak Tika juga menulis cerpen, karya cerpennya kebanyakan diikutkan lomba-lomba atau kompetisi lainnya. Kalau kamu penasaran sama karya lainnya dari kak Tika bisa juga ditengok di tikacerita.blogspot.com.

Nan, ini dia daftar link toko buku online yang menjual Novel “Basket di Hatiku, Jilbab di Kepalaku”. Selamat membaca!

https://m.bukupedia.com/id/book/id-1561-122230/?m=1

(Harga 60.000)

Basket Di Hatiku, Jilbab Di Kepalaku

(Harga 48.000)

 

Basket Di Hatiku, Jilbab Di Kepalaku

(Harga 51.000)

https://m.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/buku/agama-kepercayaan/ciqdqm-jual-basket-di-hatiku-jilbab-di-kepalaku-by-kid?utm_source=amp

(Harga 60.000)

http://grobmart.com/Basket-Di-Hatiku-Jilbab-Di-Kepalaku-9786024072209

(Harga 48.000)

http://dutailmu.co.id/product80092-basket-di-hatiku-jilbab-di-kepalaku.html#.WlQIYDM-bqA

(Harga 51.000)

Basket Di Hatiku, Jilbab Di Kepalaku

(Harga 65.000)

http://www.divapress-online.com/products/basket-di-hatiku-jilbab-di-kepalaku

(Harga 45.000)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *