Tips

Berkarir di dunia olahraga

Saat ini olahraga tidak hanya menjadi hobi. Kelihatannya saja dunia olahraga hanya melulu tentang pertandingan dan kehidupan para atlet, namun sebenarnya banyak lho potensi karier yang bisa kita jalani dalam bidang olahraga.

Ketika banyak masyarakat kita yang enggan bahkan sangat sulit untuk melakukan aktivitas fisik a.k.a olahraga, di sisi lain olahraga justru menjadi ladang mencari nafkah bagi sebagian orang. Tidak heran menjadi atlet juga sebuah profesi yang diimpikan orang-orang sejak mereka kecil. Perhatian pemerintah dan forum komunitas keolahragaan kepada punggawa atlet kita hampir selalu baik. Dari tingkat daerah sampai nasional, apresiasi terhadap prestasi olahraga tidak pernah tertinggal. Seperti halnya yang sedang hangat-hangatnya berita saat ini yaitu Sea Games. Pemerintah tidak tanggung-tanggung mempersiapkan dana hingga Rp60 Miliar dengan asumsi dana ini cukup untuk sampai memberikan bonus kepada para atlet yang berhasil merebut emas di ajang olahraga dua tahunan itu.

Bukti lain olahraga tidak hanya kegiatan pengisi waktu luang saja, kita tau sudah banyak adanya ilmu olahraga di beberapa kampus pendidikan. Bidang kajian ini melibatkan pendekatan saintis dan berbagai riset untuk meningkatkan performa olahraga. Bidang ini juga melibatkan berbagai disiplin ilmu seperti psikologi, manajemen olahraga, ilmu nutrisi, biomekanik serta statistika sebagai alat analisis. Percaya deh, di balik kesuksesan seorang atlet, ada tim saintis olahraga yang juga brilian.

Nah, mau tahu prospek karier apa saja dalam bidang olahraga?

  1. Terapis olahraga

Peran terapis olahraga adalah menjadi konsultan para olahragawan dalam proses latihan sehingga mendapatkan hasil yang optimal. Idealnya, terapis olahraga akan mengombinasikan keahlian dan pengetahuan dalam bidang olahraga yang mereka tekuni serta mengimbanginya dengan psikologi.

Lingkup pekerjaan terapis olahraga adalah pijat olahraga, electrotherapy, latihan stabilitas inti, latihan penguatan otot, dsb. Terapis olahraga juga bekerja menyembuhkan cidera atlet dan menyelenggarakan program rehabilitasi. Tetapi yang paling utama, terapis olahraga justru membantu atlet dalam mencegah cidera.

  1. Pelatih

Atlet handal belum tentu dapat menjadi pelatih ulung. Ada kualifikasi lebih dari sekadar kemampuan berolahraga. Pengetahuan yang tinggi dalam bidang olahraga menjadi salah satu kunci untuk menjadi pelatih.

Untuk membawa sebuah tim olahraga ke level yang lebih tinggi butuh berbagai aspek pendukung seperti pelatihan administratif, mengembangkan kemampuan anak muda, mengidentifikasi talenta prospektif, memonitor nutrisi, menggunakan pendekatan psikologis, serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet.

  1. Manajer fitnes

Dewasa ini, pertumbuhan pusat kebugaran sangat pesat. Peningkatan ini pun diiringi kebutuhan akan manajer fitnes yang mumpuni.

Manajer fitnes berada satu tingkat lebih tinggi dari instruktur atau supervisor fitnes. Instruktur fitnes bekerja dengan para individu. Sementara manajer fitnes lebih mengurusi manajemen suatu pusat kebugaran. Ini meliputi perawatan fasilitas dan pengelolaan pekerja.

  1. Penyuluh olahraga

Gelar akademik di bidang olahraga juga bisa menjadi bekal untuk menjadi penyuluh olahraga. Profesi ini bekerja untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga dalam kehidupan sehari-hari.

Caranya, bisa dengan menyelenggarakan event olahraga di tengah masyarakat atau komunitas. Bisa juga melalui penggalangan dana lewat olahraga, seperti lari maraton untuk mengumpulkan dana riset kanker payudara, dsb.

  1. Administrator olahraga

Bekerja pada bidang administratif menuntut kita memiliki pengetahuan luas tentang industri olahraga. Administrator olahraga membantu suatu organisasi merencanakan atau menggelar aktivitas olahraga. Dia bekerja agar semua berjalan lancar dan tanpa hambatan.

  1. Event organizer(EO) olahraga

Sekarang ini, peran EO sangat penting dalam berbagai bidang. Perusahaan yang ingin menggelar kegiatan olahraga pun akan memilih mereka yang memiliki pengetahuan tentang olahraga. Tidak hanya pertunjukan konser atau pernikahan saja yang hits dengan Event Organizernya, tapi olahraga juga dong!

  1. Psikolog olahraga

Mempelajari perilaku atlet telah menjadi hal penting dewasa ini. Psikolog spesialis dalam bidang olahraga menjadi pilihan krusial. Kewajiban utama psikolog olahraga adalah merawat kesehatan psikologis individu/tim yang ditanganinya.

  1. Penulis/wartawan olahraga

Jika kamu menyukai olahraga dan dapat menulis dengan baik, maka penulis atau jurnalis olahraga merupakan pekerjaan paling tepat untukmu. Sebagian besar media massa pasti memiliki rubrik olahraga. Bahkan, banyak juga media yang mengkhususkan diri sebagai media olahraga. Kita bisa juga memulai karier sebagai wartawan atau penulis olahraga dengan mulai menulis di blog atau website pribadi.

Menarik, bukan? Itulah beberapa pilihan karier yang bisa diambil di dunia olahraga. Jika pelajaran formal menyulitkanmu di kelas namun suasana lapangan lebih membuatmu tumbuh dan bersemangat, kenapa tidak mencoba saja bidang ini untuk meraih masa depanmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *