Cerita

Perempuan Menulis

Siapa yang pernah nonton film Kartini?

Atau ngerti banget deh cerita tentang Raden Ajeng ini?

Menurut kamu, kenapa beliau jadi pahlawan emansipasi wanita? Yah, semua orang bisa menjawab dengan alasan dia berani memerangi keterpurukan kaum perempuan pada masanya. Secara jaman Belanda dulu perempuan dianggap cukup untuk menganut prinsip kasur, sumur, dapur. Jadi nggak boleh kemana-mana, nggak boleh sekolah, nggak boleh ini itu, sampai nikah aja dipaksa. Tapi Kartini hadir dengan pemikirannya yang diluar ekspektasi pada saat itu, untuk memerdekakan kaumnya, demi kemaslahatan anak cucunya pula.

 

Lalu, pertanyaan selanjutnya muncul. Kita semua tau, bagaimana sejarah menceritakan keposesifan jaman dahulu terhadap perempuan seperti apa. Lalu strategi untuk mengentaskan keterpurukan hadir—yang kita kenal—dari keberanian Kartini. Apakah di jaman itu perempuan yang punya pemikiran dan keberanian hanya Kartini saja? Apakah di masa sebelum Kartini ada perempuan lain yang mencoba menembus batas yang sama? Tapi kenapa yang kita kenang dengan sangat adalah beliau Raden Ajeng Kartini?

 

Pertanyaan ini pernah kulontarkan pada Ayahanda, yang tiba-tiba beliau malah nanya balik. Jawabannya adalah;

“Karena dia  menulis,”

 

Secara logika, dengan keadaan terpuruk tidak bebas berekspresi di jaman dahulu, mungkin banyak perempuan perempuan di seantero Indonesia raya merdeka yang ingin terbebas dari hal tersebut. Lalu kenapa justru Kartini? Karena dia menulis. Dan beruntung diketahui Belanda lalu dipublikasikan.

 

Terlepas setelah itu tersebut Nyai Ahmad Dahlan, Cut Nyak Dien, dll.

 

Jadi, tagline “menulislah untuk perubahan” memang terbuktikan dari jaman dahulu kala. Perempuan, pula, yang juga membuktikannya. Jadi, untuk perempuan-perempuan dimana pun kamu berada, apapun profesimu, apapun latar belakangmu, bagaimanapun kehidupanmu, menulislah. Terlepas dari siapa yang membaca, kamu bisa membuat sasaranmu sendiri.

Anyway, selamat Hari Kartini 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *