AFC

AFC Women’s Futsal Championship 2018

Siapa diantara kalian yang familiar dengan kompetisi futsal di Asia yang satu ini?  Sepeti judulnya,  AFC Women’s Futsal Championship 2018 adalah kejuaraan futsal wanita di negara-negara Asia. Kejuaraan ini diadakan di Malaysia untuk pertama kalinya pada tahun 2015 dan rencananya akan diadakan setiap 2 tahun sekali. Pada ajang tahun 2015, AFC Womens Futsal Championship diikuti oleh 8 negara yaitu Malaysia, Thailand, Tiongkok, Hong Kong, Jepang, Uzbekistan, Vietnam, dan Juara pada saat itu yaitu Iran.

AFC Womens Futsal Championship kembali diadakan 2-12 Mei 2018 dan di tahun 2018 ini merupakan ajang yang kedua yang diikuti oleh 15 negara dan dibagi ke dalam 4 grup. Grup A yaitu Thailand, Hong Kong, Indonesia dan Macau.  Grup B yaitu Malaysia, Vietnam, Taiwan, dan Bangladesh. Grup C yaitu Jepang, Bahrain,Tingkok, dan Lebanon. Grup D yaitu Iran, Uzbekistan, dan Turkmenistan. Kedelapan negara yang berhasil melanjutkan babak perempat final yaitu Thailand, Indonesia, Vietnam, Taiwan, Jepang, Tiongkok, iran, dan Uzbekistan. Babak perempat final sendiri akan diadakan di Bangkok Arena dan Hua Mark Indoor Stadium pada hari Rabu, 9 Mei 2018.

Timnas Indonesia sendiri mengirimkan 14 pemain futsal wanita terbaiknya untuk kejuaraan ini. Di bawah asuhan pelatih Kensuka Takahasi, Indonesia berhasil menembus babak perempat final setelah dibabak grup mampu menumbangkan Hong kong 2-0 dan Macau 9-0, sementara sang tuan rumah Thailand ditahan imbang dengan skor 1-1. Rabu mendatang Indonesia akan berhadapan dengan juara grup B yaitu Vietnam di Bangkok Arena pukul 18:00 WIB. Apabila Indonesia dapat menang melawan Vietnam, maka pada babak semifinal Indonesia akan berhadapan dengan juara AFC Women’s Futsal Championship 2015 yaitu Iran.

 

(Foto: Bolalob)

Menarik bukan? Pada artikel selanjutnya kita akan bahas Timnas Futsal Wanita Iran yang memberikan performa gemilang setelah mematahkan Turkmenistan 14-0 dan Uzbekistan dengan skor 9-2. Wow! Semoga Indonesia bisa melaju ke babak final dan mencetak sejarah mengalahkan Iran! Berikut jadwal lengkap babak perempat final:

 

Rabu, 9 Mei 2018

Hua Mark Indoor Stadium

15.00 WIB Jepang vs Uzbekistan

18.00 WIB Thailand vs Taiwan

 

Bangkok Arena

15.00 WIB Iran vs Tiongkok

18.00 WIB Vietnam Vs Indonesia

 

Sumber: AFC, Bolalob

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *