news,  Tips

Olahraga di Bulan Puasa?

Alhamdulillah, kita sudah melewati sepertiga bulan Ramadhan. Gimana nih lancar kan, puasanya? Sedih dan senang campur aduk rasanya. Sedih karena sebentar lagi Ramadhan usai, senang karena bersyukur masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan penuh rahmat-Nya.

Selama berpuasa di bulan Ramadhan ini, pasti banyak teman-teman yang punya pengalaman berat badan turun. Entah karena asupan makannya berkurang, nutrisi yang masuk juga kurang menaati gizi seimbang. Padahal puasa maupun tidak, tubuh kita tetap butuh input yang sama loh. Hanya waktunya yang berbeda.

Input tubuh kita nggak cuma makanan guys, tapi juga ada kebutuhan lainnya. Jadi tidak hanya perut saja yang dikelola, tapi hati, jiwa, dan raga tetap harus seimbang. Selain menahan hawa nafsu dan getol ibadah di bulan puasa, apasih yang dianggap sering dilupakan tubuh?
Yak, olahraga!

Hayo.. siapa diantara kalian yang masih menyempatkan diri olahraga di bulan puasa ini? Masih ada yang khawatir karena takut kehausan tapi belom boleh minum? Ada yang takut rasa lemas yang bisa semakin menumpuk? Atau beranggapan, ‘nggak makan ya nggak ada tenaga. Masa masih disuruh olahraga’.
Eits, tunggu dulu. Kembali ke kalimat di atas, tubuh kita masih tetap sama seperti sedia kala dimana butuh input jiwa dan raga. Jadi, selain puasa dan getol ibadahnya, diharapkan olahraga juga tidak menjadi penghalang. Olahraga—baik di bulan puasa maupun bukan bisa lebih meningkatkan hormon oksitosin (hormon bahagia) seseorang loh. Jadi dijamin deh, olahraga saat puasa tidak berarti menurunkan mood baik puasa kamu, tapi justru meningkatkan itu.

Olahraga saat perut kosong dan haus memang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sehingga untuk mencegah hal ini, kita harus pintar-pintar mencari waktu yang tepat untuk berolahraga saat bulan puasa. Kamu bisa melakukan olahraga sesaat sebelum waktu berbuka. Setelah selesai olahraga pun kamu bisa langsung makan untuk mengganti energi yang hilang sehingga tidak perlu ada kekhawatiran akan mengalami gula darah rendah dan dehidrasi.

Kabar baik lainnya, melakukan olahraga di saat perut kosong bisa membantu kamu dalam menghilangkan lemak lebih banyak. Cocok deh buat kamu yang berniat menurunkan berat badan. Tapi tetap selalu ingat, jangan memaksakan kehendak untuk olahraga yang berlebihan. Dengan tidak lebih dari 60 menit, kamu sudah cukup bisa mengumpulkan timbunan lemak yang dibakar.

  1. Selamat menjalankan ibadah puasa. Satu minggu terakhir ini jangan lupa untuk lebih digiatkan ibadahnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *