news

Bagaimana Latihan ‘Spiderwomen’ Saat Berpuasa?

Masih ingat dengat Aries Susanti Rahayu? Yap, atlet panjat tebing Indonesia yang dijuluki ‘Spiderwoman’ setelah videonya memanjat tebing dengan sangat cepat dan meraih juara dunia panjat tebing dengan waktu 7,51 detik. Nah selama bulan puasa ini ternyata dia masih aktif berlatih untuk persiapan Asian Games 2018 mendatang loh.

Dalam wawancaranya dengan BBC News Indonesia, Aries bercerita mengenai porsi latihannya selama dia berpuasa. Selama bulan puasa, latihan dilakukan sore sebelum berbuka puasa dan dilanjutkan malam hari setelah berbuka puasa. Aries mengaku bahwa Ia menikmati masa latihannya selama berpuasa, terutama saat sore sambil menanti berbuka puasa. “Kalau latihan sore tidak terlalu terasa, sambil nunggu buka puasa latihan seperti itu bisa menghilangkan rasa lapar saat berpuasa” pungkasnya.

Saat sesi latihan Aries mencatatkan waktu 8 detik, hanya satu detik lebih lambat dari rekornya saat juara dunia yaitu 7,51 detik.

Dalam beberapa kesempatan Pelatih kepala tim nasional panjat tebing Indonesia, Caly Setiawan, menyampaikan bahwa ada beberapa fase latihan. Selama bulan puasa ini para atlet melakukan latihan pada tahap persiapan. Tim panjat tebing Indonesia sendiri akan kembali berlatih yang digelar setelah lebaran atau sekitar pekan ketiga Juni 2018, masuk tahap persiapan khusus yang kemudian berlanjut ke fase kompetisi menghadapi Asian Games 2018. Pemusatan latihan panjat tebing bertempat di Yogyakarta.

Aries dan Tim akan berlaga di Asian Games 2018. Saingan terberatnya berasal dari Iran, Cina, dan Kazakhstan.

Selamat berlatih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *