Issue,  news

Perjuangan Suporter Wanita Iran Untuk Berada di Stadion

Masih ingat dengan prestasi Timnas Futsal Wanita Iran dan Timnas Sepak bola Wanita Iran yang begitu gemilang? Dibalik itu, ternyata nasib suporter bola wanita Iran tidak begitu beruntung. Iran memberlakukan larangan wanita menyaksikan langsung pertandingan sepak bola di stadion sejak tahun 1979. Larangan sempat dicabut pada April 2006 di rezim presiden Mahmoud Ahmadinejad. Namun, hanya dicabut sekitar satu bulan. Maka jangan heran, saat temen-temen cari di situs pencarian akan banyak berita tentang supporter wanita Iran yang menyamar menjadi laki-laki.

Polemik tentang fatwa atau larangan wanita Iran menonton pertandingan secara langsung mendapatkan banyak sorotan dari berbagai pihak, salah satunya Presiden FIFA, Sepp Blatter saat berkunjung ke Iran. “Ketika saya pergi ke Iran pada November 2013, saya tidak hanya bertemu dengan antusiasme besar, tetapi juga keberadaan hukum yang melarang wanita menghadiri pertandingan sepak bola,” ujar Blatter dalam majalah mingguan FIFA. “Saya mengangkat topik ini di pertemuan saya dengan Presiden Iran, Hassan Rouhani, dan berpendapat situasi ini dapat segera berubah,” sambungnya.

Ada yang menarik pada ajang Piala Dunia 2018 saat duel Iran vs Maroko. Suporter Iran mencoba mencuri perhatian pemerintah dengan membentangkan spanduk bertuliskan ‘Jangan larang wanita menonton sepak bola. Dukung Iran dengan datang langsung ke stadion.’ Mereka juga melakukan aksi menempuh jarak 4,000 km untuk bisa sampai di perhelatan Piala Dunia. Menurut pengakuan salah seorang peserta aksi wanita, untuk pertama kali seumur hidup dia datang ke stadion. “Saya antusias sekali, ini adalah kali pertama saya datang langsung ke stadion,” ucapnya. “Saya sangat senang pergi ke Rusia dan datang ke stadion,” kata suporter lain kepada The Guardian.

 

Dok/Themoskowtimes.com
Dok/Themoskowtimes.com

 

Sebuah sejarah terjadi! Akhirnya saat laga Iran melawan Spanyol pada hari Kamis tanggal 21/06/2018 lalu pemerintah Iran memperbolehkan suporter wanita sepak bola Iran untuk datang langsung ke tribun stadion! Keputusan tersebut disambut bahagia oleh mereka, seolah tidak peduli dengan kekalahan Iran 1-0 dari Spanyol, gegap gempita sangat terlihat di berbagai foto yang mengabadikan momen yang mereka impikan. Meski hanya di laga melawan Spanyol, mereka mengaku tidak bersedih hati. Mereka percaya ini merupakan langkah awal sebuah perjuangan yang belum selesai. Berikut beberapa momen keceriaan mereka!

Dailystar
Dailystar

 

Iran menjadi satu-satunya negara peserta Piala Dunia 2018  yang melarang suporter wanita masuk stadion. Dulu Arab Saudi juga memiliki aturan serupa. Namun, pemerintah Arab Saudi mencabut larangan itu atas arahan Pangeran Mohammad bin Salman pada awal tahun lalu. Kita doakan ya semoga supporter wanita Iran segera mendapatkan hak yang sama, bisa mendukung secara langsung Timnas kebanggaan mereka!

 

 

Diolah dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *