Cerita,  news

Kursi Kosong Selama Asian Games?

Foto oleh detik20

Pernah liat ngga sih di beberapa pertandingan Asian Games 2018 menyisakan banyak kursi kosong di stadion? Padahal antrian di tiket box panjang banget dan bahkan ada beberapa tiket yang sold out! Fenomena calo memang santer terdengar dari awal dimulainya pertandingan Asian Games 2018 kemarin, bahkan mereka terang-terangan jualan di depan venue beberapa cabang olahraga. Tapi apa bener semua kursi kosong yang ada di dalam stadion semata – mata karena tiket calo yang ngga terjual?

Seperti yang diansir Katadata.co.id, Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir memberikan keterangan mengenai fenomena kursi kosong tersebut. Menurutnya, secara umum kursi yang ada di stadion tempat berlangsungnya ajang multievent terbagi pada dua jenis. Yang pertama adalah bangku umum yang dijual terbuka, kedua adalah bangku khusus yang tak dijual. Bangku yang dijual terbuka menurutnya berjumlah paling banyak. “Inilah yang selama ini dijual pada masyarakat dan cepat habis,” Ungkap Erick. Nah, Sedangkan bangku yang tidak dijual,  disediakan untuk wartawan, atlet, perwakilan negara peserta, federasi olahraga dunia, hingga perwakilan sponsor. “Nah, yang kerap anda saksikan ada beberapa yang kosong adalah bangku jenis kedua ini,” ujarnya.

Ngomong -ngomong soal banyaknya kursi kosong yang kerap disediakan untuk ofisial, atlet, perwakilan negara lain dan alasan keamanan, ternyata INASGOC malah mendapat teguran dari Dewan Olimpiade Asia (OCA). Teguran itu dilayangkan dalam surat per tanggal 21 Agustus 2018 yang ditandatangani Sekjen OCA Husain Al-Musallam. Alasannya sih terlalu banyak kursi yang kosong, hal itu membuat penampakan stadion kurang menarik dilihat. Sebelumnya, instruksi yang diberikan OCA untuk batasan kursi yang disediakan untuk ofisial divenue tidak lebih dari 10%.

Nah, jadi ngga selalu ya kursi kosong yang ada di stadion adalah tiket di calo yang tidak terjual. Memang ada beberapa kursi yang dibiarkan kosong seperti yang sudah kita bahas di atas. Hal ini juga terjadi dibeberapa even olahraga seperti Olimpiade Beijing 2008, Olimpiade London 2012, Olimpiade Rio 2016, dan Olimpiade PyeongChang 2018. Ada yang tau kalau Indonesia sudah menyatakan sanggup untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032? Kita doakan semoga kalau jadi, pelaksanaannya akan jauh lebih megah dari Asian Games 2018 ya, eh kamu umur berapa tahun 2032?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *