Issue,  news

Selangkah lagi, Timnas Baseball Putri

Ada yang pernah mengenal atau bahkan pernah mendengar Tim Nasional Baseball Putri Indonesia? Nah kali ini, Cangkang akan kasih informasi kalau sebenernya kita akan (kalau temen-temen bantu mereka) punya Timnas Baseball Putri pertama di Indonesia. Seperti yang dikutip dari twitter @baseballputri. Tim ini spesial, karena selama bertahun-tahun, baseball putri tidak pernah tersentuh di Indonesia. Atlet baseball putri hanya diperbolehkan untuk bermain di liga usia dini, dan untuk seterusnya, federasi mengarahkan untuk berhenti bermain baseball dan beralih bermain softball dengan dalih kalau baseball itu untuk lelaki, dan softball itu untuk perempuan. Hal ini menjadi hal yang tidak wajar sementara tidak ada masalah yang dihadapi ketika atlet putra yang bermain softball. Menjadi lucu apabila laki – laki dan perempuan berbeda dalam urusan olahraga, bukan?

Baseball menjadi salah satu olahraga paling gender-diskriminatif. Setidaknya bahkan di negara maju seperti Amerika Serikat, atlet baseball putri masih mengalami diskriminasi. Sampai sekarang, hanya 11 negara yang punya timnas baseball putri. Jadi, Indonesia BELUM telat untuk ikut mengejar tempatnya di dunia baseball putri internasional. Tahun 2015 lalu, tim nasional baseball putri Australia datang ke Indonesia untuk  membantu mengangkat isu mengenai baseball putri di Indonesia. Tidak sedikit pengorbanan atlet baseball putri ini memperjuangkan haknya.

Selain itu, pada tahun 2017 Australia juga sempat mengundang 15 atlet baseball putri terbaik Indonesia untuk mengikuti latihan & pertandingan persahabatan bersama di Brisbane, Australia. Atlet yang berangkat sudah melalui seleksi dari berbagai daerah mulai Banten hingga Bali. Kerennya lagi, sewaktu latihan tanding, atlet kita memenangkan 3 dari 4 pertandingan yang dimainkan mainkan, membanggakan bukan? Pada akhir tahun 2018, 2 anggota tim baseball Jepang juga datang ke Indonesia dan mengadakan friendly game antar tim baseball putri untuk lebih mensosialisasikan baseball untuk atlet-atlet putri.

Akhirnya pada tahun 2019 ini, perjuangan srikandi baseball Indonesia berhasil dan pihak berwenang menyetujui pembentukan Tim Nasional Baseball Putri Indonesia Pertama. Mereka medapat undangan untuk mengikuti turnamen Australian Youth Women’s Baseball Championship 2019 di Canberra, Australia pada tgl 15-20 April. Turnamen ini adalah turnamen internasional perdana dan juga ajang agar Indonesia mendapat pengakuan di kancah baseball putri internasional. Turnamen ini adalah tahap pertama untuk mendapatkan kesempatan untuk berjuang di ajang SEA Games 2019, Asian Games 2022, sampai Tokyo Olympics 2020!

Kesempatan Indonesia untuk mencetak sejarah di baseball putri sangat besar karena olahraga ini baru berkembang. Nah, setelah perjalanan panjang itulah, masa depan baseball putri Indonesia SANGAT BERGANTUNG pada turnamen perdana yang akan mereka hadapi ini ini. Tapi sayangnya, mereka memiliki kendala dana, karena pihak federasi tidak menyediakan dana untuk memberangkatkan tim.

Melalui akun twitternya, kembali mereka mengharapkan bantuan kita semua untuk bisa bangkit “Kita harap, teman-teman bisa bantu kita untuk mencetak sejarah dan mengharumkan nama Indonesia, dan juga bantu menunjukan bahwa kita para perempuan, bisa ngelakuin apapun yang kita impikan.”

Dana yang dibutuhkan adalah sebesar 982 juta rupiah, untuk membiayai akomodasi dan segala keperluan anggota tim yaitu 22 atlet, 2 pelatih, 1 team manager dan 1 team mom selama mengikuti turnamen di Australia. Anggota timnas ini merupakan 22 atlet baseball putri usia 13-16 tahun terbaik yang sudah melalui seleksi dari berbagai daerah dari Banten hingga Papua. “Kita sudah bekerja sangat keras untuk bisa mewujudkan tim ini. Kita sangat berharap bisa berangkat.” salah satu cuitannya.

Bagi teman-teman yang ingin membantu, kalian bisa berdonasi melalui http://kitabisa.com/baseballputri  atau jika melalui pihak mereka langsung bisa email ke indonesiawomensbaseball@gmail.com.  Jika ada pertanyaan mengenai penggalangan dana ini, teman-teman bisa menghubungi lewat email di atas, DM di Twitter @baseballputri ataupun DM di Instagram @indonesiawomensbaseball. Bisa juga menghubungi CP a/n Bapak Djulondin Jaing +62 811-888-522.

Bagimana? setelah membaca ulasan perjalanan mereka rasanya membuat kita bersemangat untuk menuntaskan perjuangan mereka sekali lagi, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *